Home Pendidikan Cara Mengukur Hasil Belajar

Cara Mengukur Hasil Belajar

426
0
SHARE
cara-mengukur-hasil-belajar
Evaluasi

Pengertian Belajar

Belajar merupakan suatu proses adaptasi atau penyesuaian tingkah laku yang berlangsung secara progresif (Karwati dan Priansa, 2014: 149). Menurut Slameto (dalam karwati dan Priansa, 2014: 149) menyatakan bahwa belajar ialah suatu proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Menurut Samino (2015: 26) menyatakan bahwa belajar adalah usaha secara sengaja yang dilakukan oleh individu atau peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungannya untuk mendapatkan perubahan tingkah laku baik kognit, afektif, maupun psikomotorik.

Dari beberapa pengertian belajar yang telah diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah proses yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang berlangsung secara progressive, yang meliputi perubahan tingkah laku kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Hasil belajar

Reuguluth (dalam Suprihatiningrum, 2013: 37) menyatakan bahwa hasil belajar dapat juga dipakai sebagai pengaruh yang memberikan suatu ukuran nilai dari strategi alternatif dalam kondisi yang berbeda. Susanto (2013: 5) menyatakan bahwa hasil belajar adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar.

Berdasarkan pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan hasi yang diperoleh setelah melalui psoses belajar yang dapat dilihat dari perubahan-perubahan pada diri siswa dan dapat diamati serta diukur dalam bentuk kognitif, afektif dan psikomotor.

Baca juga
Cara Meningkatkan dan Mengukur Minat Belajar
Model Pembelajaran Problem Based Learning

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar

Menurut Susanto (2013: 12) hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik merupakan hasil interaksi antara berbagai faktor yang mempengaruhi, baik faktor internal maupun eksternal. Secara rinci uraian faktor interna maupun eksternal adalah sebagai berikut:

Faktor internal

Merupakan faktor yang bersumber dari dalam diri peserta didik yang mempengaruhi kemampuan belajar. Faktor internal meliputi : kecerdasan, minat, perhatian, motivasi, ketekunan, kebiasaan belajar, kondisi fisik dan kesehatan.

loading...

Faktor eksternal

Merupakan faktor yang berasal dari luar diri peserta didik yang mempengaruhi hasil belajar, yang meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat.

Cara Mengukur Hasil Belajar

Menurut Chittenden (dalam Widoyoko 2011: 33) secara umum penilain hasil bekajar dapat dilakukan dengan tes (tes tertulis, tes lisan maupun tes perbuatan), pemberian tugas, penilian kinerja (performances assassement), penilaian proyek, penilaian hasil kerja peserta didik (product assassement).

Dari pendapat diatas, maka peneliti mengambil tes sebagai alat untuk mengukur hasil belajar siswa. Tes merupakan salah satu cara untuk melakukan pengukuran, yaitu alat untuk mengumpulkan informasi karakteristik suatu objek yang berupa kemampuan siswa.

Kepustakaan:

Karwati, Eus dan Donni Juni Priansa.2014.Manajemen Kelas (Classroom Management) Guru Professional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.

Samino dan Marsudi. 2015. Layanan Bimbingan Belajar. Kartasura: Fairuz Media.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Widoyoko. 2012. Evaluasi Program Pembelajaran. Jogja: Pustaka Pelajar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here