Home Recommended Cara Menentukan Variabel Penelitian

Cara Menentukan Variabel Penelitian

190
0
SHARE
Cara menentukan variabel penelitian

Variabel penelitian pada dasarnya adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga diperoleh informasi tentang hal tersebut, kemudian ditarik kesimpulan.

Menurut Kerlinger (1973) dalam Sugiyono (2009) menyatakan bahwa variable adalah konstruk (Constructs) atau sifat yang dipelajari. Menurut kidder (1981), variable adalah suatu kualitas (qualities) dimana peneliti mempelajari dan meanarik kesimpulan darinya.

Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau niali dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2009).

Macam  Variabel Penelitian

Variabel Bebas (Variabel Independent)

Variabel ini sering juga disebut variabel prediktor, stimulus, input, antencendent atau variable yang mempengaruhi. Variable bebas/ independen merupakan variable yang menjadi sebab timbulnya atau berubahnya variable terikat (dependen), sehingga variable ini dikatakan sebagai variable yang mempengaruhi (Handoko, 2012).

Variabel Terikat (Variabel Dependen)

Variabel ini sering juga disebut variabel kriteria, respon, atau output (hasil). Variabel terikat/ independen merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel independen.

Biasanya Variabel independen dan variabel dependen tidak bisa dipisahkan, karena masing-masingtidak bisa berdiri sendiri. (Handoko, 2012)

Contoh:

Pola makan      : Variabel Independen

Berat Badan    : Variabel Dependen

Variabel Moderator

Variabel Moderator adalah variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen. Variabel ini juga disebut sebagai variabel independen kedua.

Contoh 1:

Hubungan suami dan istri akan semakin baik (kuat kalau mempunyai anak, dan semakin renggang kalau ada pihak ketiga yang ikut mencampuri. Disiposisi ini anak sebagai variabel moderator (variabel yang memperkuat hubungan) dan pihak ketiga sebagai variabel moderator (variabel yang memperlemah hubungan).

Contoh 2:

loading...

Hubungan motivasi dan produktivitas kerja akan semakin kuat bila peranan pemimpin dalam menciptakan iklim kerja sangat baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan pemimpin kurang baik dalam menciptakan iklim kerja.

Variabel Intervening

variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dapat diamati dan diukur. Variabel ini merupakan variabel penyela/antara yang terletak dia antara variabel independen dan dependen, sehingga variabel independen tidak langsung mempengaruhi berubahnya atau timbulnya variabel dependen. (Sugiyono, 2009)

contoh 1:

tinggi rendahnya penghasilan akan mempengaruhi secara tidak langsung terhadap harapan hidup (panjang pendeknya hidup).

Variabel Independen  : Penghasilan

Variabel Dependen     : Harapan Hidup

Variabel Intervening   : Gaya Hidup

Variabel Moderator     :Budaya lingkungan tempat tinggal

contoh independen-Moderator-Intervening-Dependen

Variabel Kontrol

Variabel yang dikendalikan atau konstan sehingga pengaruh variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang diteliti.variabel ini biasa digunakan oleh penelitian yang bersifat membandingkan.

Contoh:

Pengaruh Relaksasi Relaksasi Hypnobirthing pada ibu bersalin kala I dengan lama persalinan kala I.

Variabel Dependen     : Relaksasi Relaksasi Hypnobirthing

Variabel Independen  : lama persalinan kala I.

Variabel Kontrol         : Paritas

contoh variabel independen Variabel Kontrol, dan Variabel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here